Matamata wajib dikunjungi jika Anda penggemar Lord of the Rings dan Hobbit

Tak sedikit dari mereka yang pernah menonton film The Hobbit, penasaran dengan tempat pengambilan gambarnya. Lokasi syuting dari kampung halaman Bilbo dan Frodo Baggins ini ternyata di Matamata, Selandia Baru.Dengan perjalanan selama dua setengah jam berkendara dari pusat kota Auckland, Selandia Baru, Anda akan tiba di Matamata yang saat ini menjadi daerah wisata sangat populer di negara yang terkenal dengan kiwinya itu.

 Di tempat tersebut Anda dapat menyusuri jalan-jalan kecil seperti di salah satu adegan di film The Hobbit. Anda juga bisa melihat pemandangan indah deretan rumah hobbit dengan pintu bulat, lengkap dengan bunga, buah serta detil kecil dari yang anda saksikan di film itu. Tak jauh dari tempat itu, Anda bisa mengunjungi the Green Dragon Pub, tempat Frodo Baggins, Sam Gamgee, Meriadoc Brandybuck dan Peregrin Took tempat berkumpul. Pub para hobbit itu sungguh unik. Dilengkapi dengan rumah kecil, kincir air, jembatan batu dan bangunan utama, membuat suasana pub persis seperti di film. Di the Green Dragon Pub Anda juga bisa memesan minuman para Hobbit seperti Sackville Cider, Oak Barton Ale, dan Southfathing Ginger Ale. Cicipi pula kue khas para hobbit, yaitu seed cake, yang rasanya membuat Anda seperti sedang bersantai dan tertawa bersama Frodo Baggins.

Dua jam perjalanan di selatan Auckland terhamparlah lahan pertanian Waikato region yang subur. Terkenal sebagai penghasil susu dan kuda ras murninya yang bagus, mudah dipahami mengapa lapangan berumput dan perbukitan landai ini dipilih untuk melukiskan Hobbiton dan The Shire. Para penggemar Hobbit dapat mengunjungi Hobbiton Movie Set bersama tur berpemandu, dengan ke-44 liang hobbit yang unik, termasuk Bag End (rumah Bilbo). Saat berjalan-jalan di jantung The Shire, Anda akan mendengar kisah memikat tentang pembuatannya. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat Green Dragon Pub, penggilingan, jembatan lengkung ganda dan Party Tree yang terkenal.

Sejumlah farmstay dan  tur pertanian  juga ditawarkan di Matamata. Di sebelah timur kota, Anda dapat menemukan air terjun tertinggi di North Island (Pulau Utara), Wairere Falls, yang merupakan pemandangan menakjubkan air terjun dari ketinggian 153m. Jalur pejalan kaki Wairere Falls mempersembahkan hamparan pemandangan alam yang beranekaragam dan dari tempat memandang, Anda dapat melihat panorama indah di atas lembah dan Waikato Plains. Punya selera untuk gua yang lebih besar daripada liang hobbit? Kunjungi Waitomo Caves Waikato yang megah untuk melihat stalaktit, stalagmit dan jutaan cacing pendar yang berkilauan. Anda dapat menyusurinya dengan tongkang, melakukan perjalanan arung jeram bawah tanah, atau bahkan abseiling/rappeling (turun tebing) ke dalam jurang!

Matamata merupakan tempat sempurna untuk singgah dalam perjalanan Anda dari Auckland ke Rotorua. Rotorua hanya satu jam berkendara dan berada di pusat kebudayaan dan kegiatan geotermal suku Maori. Hanya dibutuhkan 45 menit berkendara ke kota pantai terkenal Tauranga.




Menuju ke sana:
  • Waktu tempuh berkendara dari Auckland sekitar 2 ½ jam. Ikuti SH1 ke Tirau, belok kiri ke SH27.
  • Layanan udara domestik dan internasional menjangkau hingga kota Hamilton, yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara dari Matamata. 


Comments

Popular posts from this blog

Menikmati Keunikan di Negara Seribu Kuil, Bangkok, Thailand

Semaraknya HARNAS UMKM 2019 di Jogja Community Creative Center Dinaskop Ukm DIY