Semaraknya HARNAS UMKM 2019 di Jogja Community Creative Center Dinaskop Ukm DIY


Hai para kawula muda yang berbisnis online ataupun memiliki UMKM, pasti tahu dong kapan Hari Nasional UMKM? Hari Nasional UMKM diperingati setiap tanggal 12 Agustus 2019. Nah, dalam rangka memperingati Hari Nasional UMKM, Jogja Community Creative Center DinasKoperasi UKM DI Yogyakarta menyelenggarakan Harnas UMKM dengan tema “Membangun UMKM Berkarakter dan Berdaya Saing Global menuju Ekonomi Kerakyatan Yang Kreatif dan Berkelanjutan.” Event ini berlangsung mulai tanggal 3 Agustus sampai dengan 6 Agustus 2019. Banyak acara keren di event ini, ada bazar UMKM, Barista Battle, lomba menari, menyanyi, Seminar, booth platform digital dan masih banyak lagi.
  
Di event Harnas UMKM 2019 ini saya tertarik mencicipi kopi seduhan barista dari codaycoffeenetwork. Saya memilih kopi Arabica Kuningan dengan metode seduh manual brewing pourover V60. Saya menikmati kopi tanpa gula dan rasa kopi dari Arabica Kuningan ini sangat cocok dengan saya karena memiliki rasa pahit yang soft. Jam terbang seorang barista memang mempengaruhi citarasa kopi. Bagi saya rasa kopi yang saya nikmati dari codaycoffeenetwork ini sangat perfect! Harga satu cup kopi nya juga sangat terjangkau lho, cukup Rp. 13.000,- saja untuk menyesap kenikmatan kopi Arabica Kuningan.

Oya, selain berkunjung ke stand codaycoffeenetwork, saya hunting kopi di stand Rumah Kreatif BUMN Jogja, saya tertarik membeli Kopi Djowo. Satu kantung Kopi Djowo 50 gram dijual dengan harga yang sangat terjangkau, cukup Rp. 14.000,- saja.


Selain mencicipi kopi, saya juga berkeliling di stand UMKM di Harnas UMKM 2019 ini. Beraneka macam stand dari produk olahan homemade seperti deHijau Nagamie yaitu olahan mie sayuran sehat tanpa msg, harganya cukup terjangkau, cuman Rp.6000,- untuk 1 cup nya. Olahan mie nya juga lengkap, ada yang terbuat dari brokoli, buah naga, dan lainnya. 

Selain itu ada juga stand UMKM yang menjual produk sambel welut, saya membeli sambel welut level 1, jozz pedesnya! Harganya juga terjangkau, hanya Rp.8000,- untuk satu pack nya. Praktis dan ekonomis bagi saya kalau tidak sempat memasak, saya cukup menaburkan sambel welut ini di atas sepiring nasi hangat, mmm yummy.

Bagi kawula muda pecinta kerajinan, di stand UMKM juga ada stand yang menarik lainnya, seperti contohnya stand kerajinan. Saya menyambangi stand UMKM Yuni Handmade. Di stand ini menjual kerajinan unik yang terbuat dari tembaga yang dikolaborasikan dengan beragam manik dan bebatuan cantik. Yuni Handmade juga menjual beraneka macam koleksi pernak pernik cantik seperti cincin, gelang, bros, dan kalung dengan harga yang sangat terjangkau. Ya, harga produk dari Yuni handmade ini hanya dibanderol mulai dengan harga Rp. 10.000,- hingga ratusan ribu rupiah saja, tergantung dari bahan dan bentuk nya. Cukup ramah di kantong kan untuk produk pernak Pernik dari Yuni handmade ini?



Selain stand umkm, di Harnas UMKM 2019 ini juga ada stand platform digital yang berisi tentang platform, aplikasi, software, tool, plugin dan sebagainya yang memiliki segmen user dan consumer langsung UMKM. Ada stand dari Botika, Avana, Restku, Jurnal, OORTH dan masih banyak lainnya. Yang menarik di stand platform ini adalah saya bisa berinteraksi dengan mereka yang fokus di dunia teknologi yang secara langsung mendukung UMKM untuk go digital. Bahkan di stand Botika, menyediakan aplikasi commerce yang bisa diunduh gratis di google playstore dengan nama Chatbotika.

Aplikasi Chatbotika berupa chatbot untuk toko online yang akan membantu owner toko online untuk menangani banyaknya pelanggan mereka yang chatting di media sosial sebagai media jualan online. Para owner toko online bisa melihat chatting dari beberapa platform sosial media seperti Line, Facebook Messenger, Instagram, Telegram maupun Whatsapp di dalam satu aplikasi yang memiliki nama Chatbotika. Wow! Menarik sekali bukan? Tim dari Botika juga memberikan mentoring gratis lho bagi owner toko online yang ingin menggunakan aplikasi Chatbotika. Seru sekali ya Harnas UMKM 2019 di Jogja Community Creative Center DinasKoperasi UKM DI Yogyakarta.





Comments

Popular posts from this blog

Menikmati Keunikan di Negara Seribu Kuil, Bangkok, Thailand

The hardest thing to do is letting go not because you want to but because you have to

Tips Traveling bersama Anak-Anak